Skripsi
PENGARUH DISIPLIN DAN SIKAP BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri se-Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata kunci :Disiplin, Sikap, Prestasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika; (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh sikap belajar terhadap prestasi belajar matematika; dan (3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh disiplin dan sikap belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri se-Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri se-Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 879 peserta didik yang terbagi dalam 4 sekolah. Pengambilan sampel menggunakan proportional cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini siambil sebanyak 243 Peserta didik yaitu diperoleh dari SMP Negeri 1 Ampelgading kelas VII Adan VII G, SMP Negeri 2 Ampelgading kelas VII Ddan VII, SMP Negeri 3 Ampelgading kelas VII A dan VII C, serta SMP Negeri 4 Ampelgading kelas VII B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket. Instrument penelitian berupa angket telah di uji validitas dan reliabiitas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi linier ganda, sebelumnya data di uji dengan uji Lilifors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh disiplin belajar siswa terhadap prestosi belajar matematika sumbangan yang diberikan sebesar 53,40%; (2) ada pengaruh sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika sumbangan yang diberikan sebesar 32,40%; (3) ada pengaruh disiplin dan sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika sumbangan yang diberikan sebesar 65,70%. Peneliti merekomendasikan agar disiplin dan sikap belajar dilakukan bersama-sama agar nilai prestasi belajar matematika semakin baik.
01709501236 | KAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain