Skripsi
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECEMASAN BELAJAR (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata kunci : Studi Komparasi, Model pembelajaran CIRC dan peta konsep, kecemasan belajar, prestasi belajar matematika
Sebagian prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal masih rendah. Hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dengan kondisi peserta didik. Berkaitan dengan hal ini perlu adanya variasi pengajaran yang dapat merangsang dan melibatkan peserta didik untuk aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran CIRC atau Peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis : 1) Apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran CIRC dengan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran peta konsep; 2) Apakah model pembelajaran CIRC lebih baik dari model pembelajaran peta konsep terhadap prestasi belajar matematika, demikian juga jika ditinjau dari kecemasan tinggi, sedang dan rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester II MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 300 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil 3 kelas dari 8 kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas ujicoba, kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T dua pihak dilanjutkan dengan uji T satu pihak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CIRC dengan prestasi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Peta Konsep; 2) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran CIRC tidak lebih baik dibandingan prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran Peta Konsep, demikian juga jika ditinjau dari kecemasan sedang dan rendah. Sedangkan pada penelitian tidak terdapat siswa yang mempunyai kecemasan tinggi.
01710500005 | PRI s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain