Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH TERSONO KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Model pembelajaran Two Stay Two Stray, Prestasi Belajar Siswa
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Tersono tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Tersono Tahun Pelajaran 2013/2014 sejumlah 88 siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen mendapat pembelajaran Two Stay Two Stray, sedangakan pada kelompok kedua sebagai kelompok kontrol mendapat model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tes prestasi belajar siswa mata pelajaran kelompok eksperimen = 75,867, = 35,844, SD1 = 5,986 dan kelompok kontrol = 69,733, = 18,04, SD2 = 4,274. Dari hasil analisis data dapat dihitung thitung sebesar 4,580. Dengan derajat kebebesan (dk) = 30+30-2 = 58 dan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1% dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel (tt) sebesar 2,570. Maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat penulis sampaikan antara lain hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar salah satunya dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray.
01310500057 | AZI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain