Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRIJURISPRUDENSIAL MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARANEKONOMI KELAS X DI SMA N 5 TEGALTAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: model inkuiri jurisprudensial, hasil belajar mata pelajaran ekonomi.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar mata pelajaran ekonomi, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kondisi pembelajaran di kelas kurang bervariasi. Guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metodeceramah sehingga siswa kurang aktif, tidak ada yang bertanya, dan hanya sebagian siswa yang aktif pada saat diskusi. Oleh karena itu pemahaman terhadap materi masih rendah dan berdampak menurunnya minat belajar. Keadaan yang demikian mendorong peneliti untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri jurisprudensial menggunakan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi.
Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X semester 2 SMA N 5 Tegal tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 209 siswa yang terdiri dari X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, X IS 1, X IS 2, X IS 3, dan X IS 4. Pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling, sehingga sampel penelitian sebanyak 50 siswa yang terdiri 25 siswa kelas X IS 4 sebagai kelompok eksperimen (siswa yang menggunakan inkuiri jurisprudensial) dan 25 siswa kelas X IS 1 kelompok kontrol (siswa yang menggunakan pembelajaran ceramah). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model inkuiri jurisprudenisal dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model ceramah. Ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada derajat kebebasan atau degrees of freedom (df=48) pada taraf signifikan 1%, diperoleh thitung 3,094 > ttabel 2,682.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar dengan memperbanyak membaca dan mengerjakan latihan soal mata pelajaran ekonomi. Pihak guru disarankan untuk lebih aktif dalam mencari model pembelajaran yang sesuai dengan kriteria mata pelajaran ekonomi. Pihak orang tua disarankan memperhatikan anak saat belajar dan memberikan bimbingan dan semangat kepada anak untuk meningkatkan hasil belajar.
01310500002 | YUN e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain