Skripsi
PENGARUH KOMITMEN, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BMT SYIRKAH MUAWANAH NAHDHATUL ULAMA KRAMAT CABANG PEMALANG
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti sebab akibat secara kausalitas pengaruh antara komitmen, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan.
Variabel penelitian dalam penelitian ini yaitu variabel dependen loyalitas pelanggan dan tiga variabel independen yaitu komitmen, kepercayaan dan kepuasan hubungan pelanggan.
Hipotesis penelitian ini adalah komitmen, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama pada nasabah pada BMT Syirkah Muawanah Nahdhatul Ulama Keramat Cab. Pemalang
Metode pengumpulan data yang diguakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis uji validitas, uji realibilitas, analisis korelasi sederhana, analisis koreasi parsial dan analisis korelasi parsial yang menggunakan alat SPSS Ver 17.
Hasil penelitian ini yaitu (1) komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (2) kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (3) kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (4) hubungan antara komitmen dengan loyalitas pelanggan adalah kuat dan signifikan (5) hubungan antara kepercayaan dengan loyalitas pelanggan adalah lemah dan signifikan (6) hubungan antara kepuasan dengan loyalitas pelanggan adalah lemah dan signifikan (7) hubungan antara komitmen, kepercayaan dan kepuasan dengan loyalitas pelanggan adalah kuat dan signifikan. Nilai koefisien determinasi adalah 46,7% yang artinya total variasi loyalitas pelanggan yang disebabkan oleh komitmen, kepercayaan dan kepuasan adalah sebesar 46,7% dan selebihnya 53,3% berasal dari faktor lain diluar penelitian.
Kata kunci : komitmen, kepercayaan, kepuasan hubungan pelanhggan dan loyalitas pelanggan.
04110500041 | MAF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain