Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE EXAMPLES NONEXAMPLES DALAM PEMBELAJARAN PENGALIHAN INFORMASI NONVERBAL KE BENTUK VERBAL PADA SISWA KELAS X SMK PGRI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: metode examples nonexamples, pengalihan informasi nonverbal ke bentuk verbal
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran pengalihan informasi nonverbal ke bentuk verbal pada siswa kelas X SMK PGRI Kota Tegal. (2) Mendeskripsikan penerapan metode examples nonexamples pada siswa keas X SMK PGRI Kota Tegal. (3) Mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode examples nonexamples dalam pembelajaran pengalihan informasi nonverbal ke bentuk verbal pada siswa kelas X SMK PGRI Kota Tegal.
Penelitian ini mengukur keefektifan metode examples nonexamples yang diterapkan dalam pembelajaran pengalihan informasi nonverbal ke bentuk verbal pada kelas X SMK PGRI Kota Tegal. Teknik pengumpulan data dengan teknik memberikan pretest, postest serta dokumentasi foto. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random sampling , pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian kemampuan pengalihan informasi nonverbal ke bentuk verbal siswa kelas X SMK PGRI kota Tegal mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran melalui metode examples nonexamples. Hal ini terbukti dari hasil perbandingan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan t hitung = 2,198 > t tabel dengan taraf signifikan 0,05 = 2,024. Artinya, terdapat efek yang signifikan dalam pembelajaran pengalihan informasi nonverbal ke bentuk verbal dengan metode examples nonexamples. Pembelajaran pengalihan informasi nonverbal ke bentuk verbal dari nilai 69 menjadi 74. Hasil analisis t test yang diperoleh dari perhitungan pretes dan postes siswa pada kelas eksperimen yaitu 8,135 dan kelas kontrol 3,943 dati taraf signifikansi 0,05 (t tabel = 2,093). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis sebagai pernyataan sementara tentang penelitian ini terbukti, yakni ada peningkatan keberhasilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui metode examples nonexamples terutama dalam pengalihan informasi nonverbal ke bentuk verbal siswa kelas X SMK PGRI kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014.
01510500148 | SUN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain