Skripsi
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MODEL JARING LABA-LABA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WARUREJA KABUPATEN TEGAL
Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Paragraf, Model, Jaring Laba-laba.
Dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek menulis perlu diperhatikan guru agar keterampilan siswa lebih baik. Guru perlu memilih teknik-teknik dan metode pembelajaran yang tepat dalam mengajarkan keterampilan menulis eksposisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini, keterampilan menulis karangan paragraf siswa kelas 7 SMP 2 Warureja dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pelaksanaan belajar Bahasa adalah melalui penerapan model jaring laba-laba dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Indonesia siswa kelas VII SMP 2 Warureja Kabupaten Tegal., ketarmpilan menyusun paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 2 Warureja melalui penerapan model jaring laba-laba dalam menulis paragraf, Peningkatan kompetensi menulis paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP 2 Warureja melalui penerapan model jaring laba-laba dalam menulis paragraf.
Penelitian ini menggunakan penelitisn tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus trdiri dari perencanaan, pelaksanaan, obsrvsi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 2 Warurejo Kab Tegal. Indikator dalam penelitian ini adalah Penelitian ini dikatakan berhasil / tuntas belajar secara individual apabila siswa nilai tes mencapai nilai 70.00.Secara klasikal penelitian ini dikatakan berhasil / tuntas belajar apabila 75% siswa telah mencapai nilai 70.00.
Hasil penelitian ini adalah Aktivitas perbaikan pembelajaran dikatgorikan baik dengan rata-rata nilai 3,8 (skala 1-5) pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai nilai rata-rata 5 (skala 1-5) berarti meningkat menjadi baik. Prestasi belajar siswa pada sebelum perbaikan dengan rata-rata 54 (skala 10-100) meningkat menjadi cukup dengan nilai rata-rata 64 (skala 10-100) pada siklus I. Pada akhir siklus II peningkatan yang dikatakan baik sekali karena mencapai nilai- rata-rata 82 (dalam skala 10-100). Peningkatan hasil belajar meningkat melalui aktivitas-aktivitas (a) Pemberian Appersepsi yang Menarik, (b) Melibatkan siswa dalam pembelajaran, (c) Pengaktifan siswa dalam diskusi kelompok, (d) Pengaktifan siswa dalam kegiatan latihan, dan (e) Pemanfaatan alat peraga.
01510500193 | MUK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain