Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Hubungan Sosial
Hubungan sosial yang rendah dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok efektif dalam meningkatkan hubungan sosial peserta didik.
Jenis penelitian menggunakan eksperimen dengan desain One Grup Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang yang terdiri dari 102 peserta didik yang mempunyai hubungan sosial dalam kategori amat rendah. Sampel penelitian ini adalah 10% dari 102 di peroleh sebanyak 10 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis deskriptif persentase dan statistik uji t (t test).
Nilai ketercapaian sebelum dilaksanakan layanan konseling kelompok diperoleh data tingkat hubungan sosial peserta didik dalam kategori cukup sebanyak 3 peserta didik (30%). Dari data tersebut diperoleh sesudah layanan konseling kelompok meningkat yang sebelumnya adalah dalam kategori cukup setelah diadakan layanan konseling kelompok dalam kategori sangat tinggi dengan perolehan frekuensi terbanyak 5 peserta didik (50%) yang berarti hubungan sosial peserta didik sesudahnya meningkat. Hasil perhitungan t-test diperoleh nilai thitung sebesar 4,504 bila dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 10 – 1 = 9 diperoleh ttable = 2,228 ternyata thitung = 4,504 > ttabel = 2,228, maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok merupakan teknik yang efektif dalam meningkatkan hubungan sosial peserta didik
Disarankan bagi sekolah dalam mengambil sebuah kebijakan dalam mengatasi masalah bimbingan dan konseling khususnya konseling kelompok, bagi peserta didik diharapkan mampu menanamkan sikap sosial sehingga mampu mengembangkan diri secara maksimal dan bagi guru bimbingan konseling diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif dalam penyelesaian masalah khususnya masalah sosial yang berkaitan dengan hubungan sosial peserta didik. Serta diharapkan mampu menanamkan sikap sosial dalam pengembangan diri.
01110500084 | LIS e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain