Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR (Suatu Penelitian Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Keaktifan Belajar
Layanan Bimbingan klasikal di pandang mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang. Permasalahan utama dalam penelitian ini apakah layanan bimbingan klasikal efektif terhadap keaktifan belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat keefektifan layanan bimbingan klasikal terhadap keaktifan belajar.
Populasi penelitian dengan jumlah 240 peserta didik dan sempel berjumlah 42 peserta didik yang didapat dengan cara sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitasi menggunakan korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskripsi persentase dan uji korelasi product moment. Hasil deskriptif persentase menunjukkan layanan bimbingan klasikal masuk dalam kategori cukup sebanyak 12 peserta didik (28,6%), sedangkan keaktifan belajar peserta didik masuk dalam kategori tinggi sebanyak 11 peserta didik (26,2%). Dari hasil analisa data diketahui bahwa nilai rhitung = 0,440, rtabel = 0,304 dengan taraf signifikan 5% dengan N = 42, menunjukan bahwa nilai rhitung > rtabel yaitu 0,440 > 0,304 yang artinya hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Layanan bimbingan klasikal efektif terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas XI SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014” diterima dan menolak hipotesis nihil (Ho). Jadi layanan bimbingan klasikal efektif terhadap keaktifan belajar peserta didik.
Disarankan bagi sekolah dalam mengambil layanan bimbingan klasikal mampu dijadikan salah satu alternatif pengambilan keputusan terutama yang berkaitan dalam keaktifan belajar, bagi guru BK diharapkan mampu mengoptimalkan layanan bimbingan klasikal dalam setiap kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah, bagi peserta didik dapat meningkatkan keaktifan belajarnya supaya dapat memperoleh prestasi yang maksimal.
01110500197 | AEN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain