Skripsi
PENGARUH MINAT MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIKKELAS VIII SMP N 14 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Kedisiplinan Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik yang kurang disiplin dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini, adakah pengaruh yang signifikan minat mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 14 Tegal Tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 14 Tegal tahun pelajaran 2013/ 2014.
Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Tegal yang berjumlah 256 peserta didik dengan sampel penelitian 32 peserta didik dengan menggunakan teknik sampling cluster quota random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Guna menjawab hipotesis, analisis data menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 14 Tegal tahun pelajaran 2013/ 2014 sudah dilaksanakan dengan baik melihat dari presentase sebesar 28,1. Dan kedisiplinan belajar peserta didik kelas VIII presentase sebesar 31,2 dalam krterium rendah. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh 38%sedangkan sisanya sebesar 62% dipengaruhi oleh faktor lain. Sesuai dengan hipotesis ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kedisiplinan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Yang dibuktikan dengan hasil perhitungan diketahui nilai r hitung= 0.617 sedangr tabel = 0.349, sesuai dengan kriteria perhitungan hipotesis jikar hitunglebih besar dari r tabel (0,617> 0,349), maka berarti “Ada pengaruh yang signifikan dan positif antara minat mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap meningkatnya disiplin dalam belajar pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014” diterima.
Penulis menganjurkan saran yaitu Bagi Peserta didik subyek penelitian saat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar dapat lebih disiplin lagi dalam belajar baik di rumah maupun di sekolah. Bagi guru BK dapat menerapkan metode bimbingan kelompok dengan benar dan sesuai,hal ini dimaksudkan agar peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang telah dijelaskan oleh guru
01110500177 | HAY p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain