Skripsi
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA LAB. SCHOOL PANCASAKTI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian dalam Mengambil Keputusan
Pola asuh orang tua memiliki pengaruh pada kemandirian dalam mengambil keputusan. Untuk itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian dalam mengambil keputusan pada peserta didik kelas X SMA Lab. School Pancasakti Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini dengan jumlah 99 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 peserta didik yang diambil dengan karakteristik tertentu yaitu kemandirian dalam mengambil keputusan masih kurang maksimal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis kontribusi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pola asuh orang tua masuk dalam kriteria baik yaitu sebanyak 35% dan kemandirian dalam mengambil keputusan pada peserta didik masuk dalam tiga kriteria dengan jumlah yang sama besar yaitu 25%. Besar sumbangan/pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian dalam mengambil keputusan pada peserta didik adalah 44,3% sedangkan 55,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Dan diperoleh analisis korelasi atau rhitung sebesar 0,666 sedangkan nilai rtabel dengan responden sejumlah 20 adalah 0,444. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) dinyatakan ditolak, dan menerima hipotesis kerja (Hk). Hal ini berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap kemandirian dalam mengambil keputusan pada peserta didik kelas X SMA Lab. School Pancasakti Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan kemandirian dalam mengambil keputusan dan dari pihak orang tua untuk meningkatkan dalam memberikan pola asuh kepada peserta didik sehingga dapat mencapai kemandirian yang maksimal pada peserta didik dalam mengambil keputusan.
01110500088 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain