Skripsi
PERAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS ASY-SYAFI’IYYAH JATIBARANG BREBES TAHUN AJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Percaya Diri, Teknik Desentisisasi, Konseling Kelompok
Orang yang kurang percaya diri cenderung seseorang yang pesimis dalam menghadapi tantangan, takut dan ragu-ragu untuk menyampaikan gagasan, serta bimbang dalam menentukan pilihan dan sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan aktualitas diri. Dengan percaya diri orang akan mampu mengenal dan memahami diri sendiri.. tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran konsling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematik peserta didik kelas VIII Mts Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014
Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif. Sifat penelitian ini adalah eksperimen. Subyek penelitian peserta didik kelas MTs Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Sebanyak 36 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat rasa percaya diri peserta didik sebelum diberi perlakuan layanan konseling kelompok dengan teknik desnsitisasi sistematik adalah: kategori sangat rendah 5 respoden (13,89%), rendah 9 responden (25,00%), sedang 7 responden (19,44%), cukup 8 responden (22,22%), tinggi 2 responden (5,56%) dan sangat tinggi 5 responden (13,89%). Sedangkan tingkat percaya diri sesudah layanan konseling kelompok dengan teknik desnsitisasi sistematik adalah: kategori sangat rendah 4 respoden (11,11%), rendah 3 responden (8,33%), sedang 7 responden (19,44%), cukup 6 responden (16, 67%), tinggi 11 responden (30,56%) dan sangat tinggi 5 responden (13,89%). Berdasarkan hasil analisis Uji t diperoleh thitung = 3,703 yang dikonsultasikan pada tabel ttabel 3,591 pada taraf signifikan 5% dengan db 26 maka diperoleh thitng 3,703 > ttabel 3,591. Sehingga Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Simpulan dari penelitian menunjukkan ada peningkatan rasa percaya diri melalui layanan konseling kelompok dengan sistem desensitisasi sistematik pada peserta didik kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyyah Jatibarang kabupaten Brebes tahun pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran dari penulis, guru pembimbing agar lebih intensif memberikan layanan konseling kelompok kepada peserta didik yang memiliki rasa percaya diri rendah, sehingga kegiatan layanan konseling kelompok tersebut dapat dijadikan sebagai sarana peningkatanrasa percaya diri peserta didik
01110500067 | KRI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain