Skripsi
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI KONSELOR DALAM PELAKSANAAN TUGAS DI KELAS XI SMK BHAKTI PRAJA TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Kata Kunci: Persepsi Peserta Didik, Penguasaan Kompetensi Konselor
Persepsi peserta didik terhadap kompetensi konselor dalam melaksanakan tugas sangat diperlukan. Permasalahannya adalah bagaimana persepsi peserta didik terhadap penguasaan kompetensi konselor, tujuan yang dicapai adalah mengetahui persepsi peserta didik terhadap penguasaan kompetensi konselor dalam pelaksanaan tugasnya. Dari permasalahan yang ada maka peneliti memberikan judul dalam penelitian “Persepsi Peserta Didik Terhadap Penguasaan Kompetensi Konselor Dalam Pelaksanaan Tugas Di kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Populasi yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal berjumlah 157 peserta didik. Penetapan sampel dengan teknik Proporsional Random Sampling diperoleh 40 peserta didik yang dijadikan sampel. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket (alat pengumpul data utama), wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan korelasi Pearson Product Moment.
Berdasarkan hasil penghitungan korelasi menggunakan rumus Pearson Product Moment didapat nilai rxy = 0,797 kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel = 0,312 yang diperoleh dari N = 40 taraf signifikan 5%. Maka, rxy> rtabel yaitu 0,797> 0,312.Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik terhadap penguasaan kompetensi konselor dalam pelaksanaan tugas di kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2013/2014.
Simpulan hasil penelitian ini Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik terhadap penguasaan kompetensi konselor. Hasil perhitungan tentang persepsi peserta didik diperoleh kurang lebih 50% peserta didik memiliki persepsi yang positif, sedangkan untuk penguasaan kompetensi konselor diperoleh 47,5% dipersepsikan konselor memiliki kompetensi yang baik.
Disarankan bagi sekolah yaitu meningkatkan kualitas konselor sekolah sehingga mampu dalam penguasaan pelaksanaan tugas. Bagi konselor perlu penguasaan kompetensi yang maksimal. Bagi peserta didik hendaknya mampu mendukung berbagai layanan yang diberikan konselor.
01110500079 | MUJ p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain