Skripsi
EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN BAHAYA MEROKOK KELAS VII DI SMP ISLAM AL-KHOIRIYAH PETARUKAN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Layanan informasi dengan metode klasikal, pemahaman bahaya merokok
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksaan layanan informasi dengan metode klasikal di SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2013/2014, untuk mengetahui pemahaman bahaya merokok peserta didik kelas VII di SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2013/2014, dan untuk mengetahui mengetahui efektifitas layanan informasi dengan metode klasikal tarhadap pemahaman bahaya merokok pada peserta didik kelas VII di SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan Pemalang tahun pelajaran 203/2014.
Populasi peniltian ini adalah peserta didik kelas VII semester 2 SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan, yang terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas VII A sejumlah 40 peserta didik, kelas VII B sejumlah 40 peserta didik, dan kelas VII C sejumlah 37 peserta didik. Sehingga keseluruhan populasi berjumlah 117 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan kuoata sampling, peneliti mengambil 25% dari setiap kelas, kelas VII A sejumlah 10 peserta didik, kelas VII B sejumlah 10 peserta didik, dan kelas VII C berjumlah 9 peserta didik. Sehingga seluruh sampel berjumlah 29 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pelaksanaan layanan informasi dengan metode klasikal di SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan Kabuptaen Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 di sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh pada analisis deskriptif diperoleh skor 86%. Pemahaman bahaya merokok peserta didik di SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 di kategorikan baik. Berdasarkan data yang diperoleh pada analisis deskriptif diperoleh skor 79%. Terdapat efektivitas layanan informasi dengan metode klasikal terhadap pemahaman bahaya merokok peserta didik kelas VII di SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil simpulan, peneliti meberikan beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan sebagai berikut: Pelaksanaan layanan informasi dengan metode klasikal agar lebih di optimalkan dalam program kerja bimbingan dan konseling. Karena layanan informasi dengan metode klasikal sangat baik diterapkan dalam memberikan bimbingan terhadap peserta didik.Adanya pemahaman bahaya merokok yang baik, diharapkan peserta didik tidak menkomsumsi rokok karena sangat berbahaya bagi kesehatan.Apabila guru bimbingan dan konseling akan memberikan layanan terhadap pemahaman bahaya, maka layanan yang efektif dalam memberikan materi tersebut adalah layanan informasi dengan metode klasikal.
01110500179 | ALI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain