Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Kausal Komparatif pada Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : pengaruh, kemampuan numerik, kebiasaan belajar, prestasi belajarmatematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan (1) kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) kemampuan numerik dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 SMA Negeri Se-Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 1270 siswa yang terbagi dalam 5 sekolah. Sampel penelitian diambil secara proportionalcluster random sampling dengan mengambil 20% dari setiap sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) kemampuan numerik berpengaruh signifikan sebesar 57,25% terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan melalui persamaan regresi Ŷ = 11,0032 + 0,6387X₁ dengan nilai thitung= 19,9422, (2) kebiasaan belajar berpengaruh signifikan sebesar 50,37% terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan melalui persamaan regresi Ŷ = -25,0622 + 0,6288X₂ dengan nilai thitung= 17,3357, (3) Kemampuan numerik dan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan sebesar 71,14% terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan melalui persamaan regresi berbentuk Ŷ = -23,5107 + 0,4452 X₁ + 0,3774X₂ dengan nilai Fhitung = 347,6110. Kemampuan numerik yang tinggi dan disertai kebiasaan belajar yang baik dapat mengakibatkan prestasi belajar matematikanya cenderung lebih baik.
01710500051 | BAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain