Skripsi
STUDI KOMPARASI TINGKAT RELIABILITAS TES SIKAP TERHADAP MATEMATIKA BERDASARKAN FORMAT PENYUSUNAN BUTIR ( Studi Deskriptif Eksploratif pada Pengukuran Sikap Terhadap Matematika Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP N se-Kecamatan Brebes Kota Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014)
Dalam sebuah penelitian perangkat tes sikap terhadap matematika biasanya peneliti menggunakan perangkat tes campuran. Akan tetapi terkadang perangkat tes campuran dapat membuat seseorang kesulitan atau bahkan tidak dapat membedakan nama yang termasuk dalam kategori perangkat tes positif atau negatif. Sehingga perlu diteliti mana yang paling efektif diantara perangkat tes positif, negatif atau campuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) tes sikap terhadap matematika berdasarkan format penyusunan butir, (2) tingkat validitas terhadap matematika berdasarkan format penyusunan butir, (3) tingkat reliabilitas terhadap matematika berdasarkan format penyusunan butir, (4) ketiga format tersebut manakah format yang paling efektif terhadap matematika secara psikometrik.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah peserta didik keseluruhan 272 peserta didik dan semua peserta didik kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah peserta didik 299. Jadi jumlah seluruh populasi ada 571 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis faktor menggunakan software SPSS 16. Alat yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian adalah uji reliabilitas dan uji validitas. Ada tiga format yang diberikan kepada peserta didik. Format I adalah kuesioner yang semua butirnya menggunakan pernyataan positif (favorable), format II adalah kuesioner yang semua butirnya menggunakan pernyataan negatif (unfavorable), dan format III adalah kuesioner yang terdiri dari butir pernyataan positif dan butir pernyataan negatif (campuran). Format I diberikan kepada 200 peserta didik, format II diberikan kepada 200 peserta didik, dan format III diberikan kepada 171 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) cara mengkonstruk tes sikap terhadap matematika berdasarkan format penyusunan butir dapat dilakukan dengan mengkaji teori, menyusun kisi-kisi instrumen, menetapkan dimensi, menulis butir-butir instrumen, dan perakitan butir-butir instrumen, (2) validitas pada bentuk format I paling tinggi dibandingkan dengan format yang lain, validitas format II lebih tinggi dari format III, (3) reliabilitas pada bentuk format I paling tinggi dibandingkan dengan format yang lain, sedangkan format II lebih tinggi dari format III, (4) perangkat tes format I yang paling efektif untuk membuat kuesioner. Dari hasil penelitian kriteria validitas dan reliabilitas, peneliti merekomendasikan agar sikap terhadap matematika dibuat di dalam format I yaitu format dimana semua pernyataan bersifat positif.
01710500112 | JAY s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain