Skripsi
STUDI EMPIRIK TENTANG TAHAP BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI BELAJAR BLOOM DANVAN HIELE DALAMPEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi DeskriptifSurvai pada Pembelajaran Matematika Materi Pokok Lingkaran pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 DukuhturiTegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci:Studi Empirik, Tahap Berpikir, Teori Belajar Bloom, Teori Belajar Van Hiele.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikansejauhmana pemahaman guru tentang penerapan teori belajar Bloom dan Van Hiele dalam pembelajaran matematika, untuk mengetahui uji empirik (data real dan simulasi) teori belajar Bloom dan Van Hiele serta konsistensi tahap berpikir kedua teori belajar tersebut dalam mengklasifikasikan tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini untuk tahap berpikir Bloom dibatasi pada tahap pengetahuan, pemahaman, penerapan dan analisis sedangkan untuk tahap berpikir Van Hiele dibatasi pada tahap pengenalan, analisis, pengurutan dan deduksi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Dukuhturi Tegal tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah sebanyak 315siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan merujuk pada materi pokok lingkaran dengan jumlah soal untuk masing-masing perangkat tes sebanyak 20 butir soal. Metode pengumpulan data dilakukan secara empirik dengan menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara, serta secara simulasi dengan 1000 sampel dalam sepuluh replikasi untuk masing-masing bentuk tes. Analisis tingkat kesukaran butir tes pada data empirik dengan menggunakan Rascal. Data simulasi dibangkitkan dari data tingkat kesukaran data realdengan menggunakan program bantu WinGen3.
Dari penelitian secara empirik data real dan simulasi diperoleh hasil sebagai berikut: (1) pemahaman guru yang baik terhadap penerapan teori belajar Bloom dan Van Hiele (2) dari perhitungan tingkat kesukaran secara empirik teori belajar Bloom lebih konsisten dibandingkan dengan teori belajarVan Hiele dalam mengklasifikasikan tahap berpikir siswa, (3) teori belajar Bloom dan Van Hiele dapat dibuktikan secara empirik.Berdasarkan hasil penelitian secara empirik dengan data real dan simulasi diperoleh kesimpulan bahwa klasifikasi tahap berpikir Bloom lebih konsisten dibandingkan dengan teori belajarVan Hiele dalam mengklasifikasi tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika dan kedua teori tersebut dapat dibuktikan secara empirik.
01710500124 | ARI s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain