Skripsi
KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA ( Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 )
Kata Kunci: Metode pembelajaran co-op co-op, keaktifan siswa, prestasi belajar matematika
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan 1) apakah metode pembelajaran co-op co-op lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika; 2) apakah metode pembelajaran co-op co-op lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari keaktifan siswa tinggi; 3) apakah metode pembelajaran co-op co-op lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari keaktifan siswa rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 181 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen terpilih kelas VIII A sebanyak 30 siswa dan kelas VIII F sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol terpilih kelas VIII B sebanyak 30 siswa dan kelas VIII C sebanyak 30 siswa dan kelas uji coba terpilih kelas VIII D sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t satu pihak dan uji anava dua arah dilanjutkan dengan uji schefe untuk mengetahui interaksi antar kelompok belajar.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) metode pembelajaran co-op co-op lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014; 2) metode pembelajaran co-op co-op lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 ditinjau dari keaktifan siswa tinggi; 3) metode pembelajaran co-op co-op lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 ditinjau dari keaktifan siswa rendah.
01710500037 | AND k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain