Skripsi
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Peserta didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Balapulang Tahun Ajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Reflektif dengan Strategi Think-Talk-Write, Prestasi Belajar Matematika
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran reflektif dengan strategi think-talk-write pada pendekatan scientifik lebih baik daripada prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan scientifik.
Penelitian dilakukan pada peserta didik SMP N 2 Balapulang Kabupaten Tegal tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII sebanyak 9 kelas dan dengan menggunakan teknik cluster random sampling diambil 4 kelas sebagai kelas eksperimen sebanyak 2 kelas dengan jumlah 70 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 2 kelas dengan jumlah 72 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen tes yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda yang diuji dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Teknik pengujian hipotesis data prestasi belajar menggunakan uji-t satu pihak (pihak kanan) tetapi sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu data prestasi belajar tersebut diuji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran reflektif dengan strategi think-talk-write pada pendekatan scientifik lebih baik daripada prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan scientifik.
01710500104 | AST e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain