Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE aRTi TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KONSEP DIRI (SuatuPenelitian pada Siswa Kelas VIII semester genap SMP MA’ARIF NU 01 Pangkah dan MTs RAUDLOTUT THOLIBIN Kalikangkung Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Metode aRTi, Konsep diri, Prestasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II di SMP Ma’arif NU 01 Pangkah dan MTs Raudlotut Tholibin Kalikangkung Tahun Pelajaran 2013/2014 yang diajar dengan menggunakan metode aRTi dan pendekatan pembelajaran konvensional yang ditinjau dari konsep diri.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2013/2014 di SMP Ma’arif NU 01 Pangkah dan MTs Raudlotut Tholibin Kalikangkung dengan jumlah 156 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian diambil dengan cara cluster random sampling. Diambil 2 kelas secara random dari 5 kelas yang ada. Kelas yang diambil adalah kelas VIII A dan VIII C sebagai kelas kontrol (dengan pendekatan konvensional) dan kelas VIII B dan VIII D sebagai kelas eksperimenl (dengan metode aRTi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes evaluasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 32 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sampel penelitian ini. Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dengan rancangan acak kelompok dengan penarikan anak contoh. Dalam penelitian ini, hasil prestasi belajar dikelompokkan berdasarkan tingkat konsep diri yaitu kelompok konsep diri tinggi dan kelompok konsep diri rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II di Ma’arif NU 01 Pangkah dan MTs Raudlotut Tholibin Kalikangkung Tahun Pelajaran 2013/2014 yang diajar dengan menggunakan metode aRTi dan pendekatan pembelajaran konvensional, (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II di Ma’arif NU 01 Pangkah dan MTs Raudlotut Tholibin Kalikangkung Tahun Pelajaran 2013/2014 yang diajar dengan menggunakan metode aRTi dan metode konvensional ditinjau dari konsep diri.
01710500098 | LIS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain