Skripsi
STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DITINJAU DARI MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pembelajaran Himpunan di SMP N 2 Adiwerna pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap Tah
Kata Kunci : Studi Komparatif TAI, Motivasi Belajar Matematika,
Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik antara yang diajarkan dengan model pembelajaran TAI dan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari motivasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Adiwerna tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 318 orang. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TAI dan model pembelajaran ekspositori dengan motivasi belajar matematika, sedangkan variabel terkaitnya adalah prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Adiwerna. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Dalam tes prestasi belajar matematika bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang sebelumnya telah diuji dengan uji Normalitas dan uji Homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TAI dan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari motivasi.
01710500154 | HAN s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain