Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DITINJAU DARI KEAKTIFAN PENGURUS OSIS DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Semester II di SMA Negeri se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013 / 2014)
Kata Kunci : Kecerdasan emosional (EQ), keaktifan pengurus OSIS, prestasi belajar matematika
Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya kecerdasan emosional dan keaktifan dalam berorganisasi khususnya OSIS. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar matematika. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh keaktifan pengurus OSIS dalam kegiatan OSIS di sekolah terhadap prestasi belajar matematika. 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional siswa yang ditinjau dari keaktifan pengurus OSIS dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengurus OSIS kelas X dan XI semester 2 SMA N se-Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 148 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling, dimana setiap sekolah diambil 18 pengurus OSIS secara random untuk dijadikan sampel penelitian, selanjutnya dilakukan uji kesetaraan sampel. Metode yang digunakan adalah dokumentasi dan angket, sebelum diberikan ke sampel penelitian angket diujicobakan terlebih dahulu ke kelas ujicoba untuk dihitung validitas dan reliabilitas butir soal angket. Instrumen penelitian yang dipakai adalah 30 butir soal angket. Teknik analisis data menggunakan ANOVA dua jalur dan koefisien kontingensi, sebelumnya data diuji dengan uji Lilliefors untuk mengetahui normalitas data dan uji Bartlett untuk mengetahui homogenitas data sebagai uji prasyarat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif : 1) Kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika. 2) Keaktifan pengurus OSIS terhadap prestasi belajar matematika. 3) Kecerdasan emosional yang ditinjau dari keaktifan pengurus OSIS dalam kegiatan OSIS di sekolah terhadap prestasi belajar matematika. Dimana siswa yang mempunyai kecerdasan emosional baik dan aktif dalam kepengurusan OSIS memiliki rata- rata prestasi belajar yang tinggi.
01710500080 | SAT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain