Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TURUNAN FUNGSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD. Suatu PTK Bagi Siswa Kelas XI IPS 2 Semester Genap, SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal, Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata Kunci : Belajar Matematika, Kooperatif Tipe STAD
Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Turunan Fungsi. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI.IPS 2 semester 2 SMA Negeri 1 Kramat.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kooperatif STAD (Students Teams Achievement Division), di mana dituntut keaktifan siswa. Guru hanya sebagai moderator dalam kegiatan belajar mengajar, dengan demikian suasana belajar akan jauh lebih menyenangkan dan kompetitif.
Proses Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang diawali dengan pra siklus. Rata-rata nilai pra siklus yaitu 63, siklus I rata-rata nilainya yaitu 76,3 sedangkan untuk siklus II nilai rata-rata 88,87. Pada siklus I soal yang sebagai instrumen yang 7 soal essay di ujikan validitas dengan 7 soal yang valid, serta di ujikan reliabilitas dengan nilai rhitung = 0,58 dengan nilai rtabel = 0,321. Dan siklus 2 soal yang sebagai instrumen yang 7 soal essay di ujikan validitas dengan 7 soal yang valid, serta di ujikan reliabilitas dengan nilai rhitung = 0,739 dengan nilai r_tabel = 0,321
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas proses belajar mengajar. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas yang pada siklus I rata – rata 77,5% menjadi 90% pada siklus kedua. Melalui pembelajaran kooperatife tipe STAD, siswa membangun sendiri pengetahuan, menemukan langkah – langkah dalam mencari penyelesaian dari suatu materi yang harus dikuasai oleh siswa, baik secara individu maupun kelompok
Saran dari penelitian ini adalah dalam kegiatan belajar mengajar guru diharapkan menjadikan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai suatu alternatif dalam mata pelajaran Matematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
01711500024 | ZUH u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain