Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran SFE dengan model pembelajaran konvensional, (2) Apakah Model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional ditinjau dari motivasi belajar tinggi terhadap prestasi belajar matematika, (3) Apakah Model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional ditinjau dari motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SFE dengan motivasi belajar matematika, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tegal. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Tes prestasi belajar matematika berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 item soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan sel tak sama dan diuji lanjut dengan uji t pihak kanan, yang sebelumnya telah diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan antara prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran SFE dengan model pembelajaran konvensional, (2) Model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajran konvensional ditinjau dari motivasi belajar tinggi terhadap prestasi belajar matematika, (3) Model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajran konvensional ditinjau dari motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar matematika
01710500055 | NOV p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain