Skripsi
EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Materi Kubus dan Balok)
Kata Kunci : Efektivitas, Pendekatan open-ended, Prestasi Belajar Matematika, Motivasi Belajar Siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh jawaban tentang 1) Ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan open-ended dan yang diajar menggunakan pendekatan konvensional 2) prestasi belajar matematika siswa manakah yang paling efektif antara yang diajar menggunakan pendekatan open-ended dan yang diajar menggunakan pendekatan konvensional yang mempunyai motivasi belajar rendah 3) prestasi belajar matematika siswa manakah yang paling efektif antara yang diajar menggunakan pendekatan open-ended dan yang diajar menggunakan pendekatan konvensional yang mempunyai motivasi belajar tinggi.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan sel tak sama dan diuji lanjut dengan uji t pihak kanan, yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil analisis dua jalan menunjukan bahwa Fa= 10,326 >F_(0,05;1;58)= 4,01 , Fb=36,406 >F_(0,05;1;58) = 4,01 , Fab=11,339> F_(0,05;1;58)= 4,01 dari masing-masing nilai F tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak artinya ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara yang diajar menggunakan pendekatan open-ended dan yang diajar menggunakan pendekatan konvensional 2) Hasil analisis uji-t satu pihak kanan diperoleh thitung = 1,428< ttabel=1,70 maka H0 diterima artinya prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan open-ended tidak lebih efektif daripada siswa yang diajar menggunakan pendekatan konvensional yang mempunyai motivasi belajar rendah 3) Hasil analisis uji-t satu pihak kanan diperoleh thitung = 22,101> ttabel=1,70 maka H0 ditolak artinya prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan open-ended lebih efektif daripada siswa yang diajar menggunakan pendekatan konvensional yang mempunyai motivasi belajar tinggi.
01710500081 | PEL e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain