Skripsi
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata kunci : Studi Komparasi, Model pembelajaran TAI dan STAD, motivasi
belajar, prestasi belajar matematika
Sebagian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal mempunyai prestasi belajar matematika rendah. Hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dengan kondisi peserta didik. Berkaitan dengan hal ini perlu adanya variasi pengajaran yang dapat merangsang dan melibatkan peserta didik untuk aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis : 1) Apakah ada perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD; 2) Manakah yang lebih baik antara model pembelajaran TAI bila dibandingkan dengan model pembelajaran STAD terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 284 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas dari 7 kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Sebelum data motivasi dan prestasi belajar matematika dianalisis terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variant multivariate ( MANOVA ) dilanjutkan dengan uji τ^2-Hotelling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) ada perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD; 2) model pembelajaran TAI lebih baik daripada model pembelajaran STAD terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar.
01710500131 | YUL s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain