Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 untuk Materi Prisma dan Limas di SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal)
Kata Kunci: keefektifan model pembelajaran SAVI, prestasi belajar matematika, motivasi belajar
Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh tujuan yang diinginkan. Jika tujuan itu sangat berarti maka semakin besar motivasi yang timbul pada diri siswa untuk mencapai prestasi. Sehingga diperlukan adanya proses pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, salah satu cara adalah dengan menerapkan model pembelajaran SAVI. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran SAVI dan model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah prestasi belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran SAVI lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 289 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C, VIII D dan VIII E yang ditetapkan sebagai kelas eksperimen, kontrol dan uji coba. Model pembelajaran SAVI dan konvensional sebagai variabel bebas, prestasi belajar matematika sebagai variabel terikat dan motivasi belajar siswa sebagai variabel moderator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua pihak dan satu pihak kanan.
Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas VIII semester II tahun pelajaran 2013/2014 untuk materi Prisma dan Limas di SMP Negeri 1 Adiwerna adalah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran SAVI dan model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Selain itu prestasi belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran SAVI lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah.
01710500130 | ARF k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain