Skripsi
PENGARUH IQ DAN KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (SuatuPenelitian pada Peserta Didik Kelas XSemester II SMANegeriSe-KotaTegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci :IQ, Keharmonisan keluarga, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh: 1) kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar matematika, 2) keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar matematika, 3) kecerdasan intelektual (IQ) dan keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta dididk kelas X semester II SMA Negeri Se-Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 1298 peserta didik yang terdiri atas lima sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan taraf signifikansi 0,05. Mengacu pada tabel penentuan sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan Issac dan Michael diperoleh sampel sebanyak 272 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk prestasi belajar matematika, data IQ untuk variabel IQ dan metode angket untuk variabel keharmonisan keluarga. Instrumen penelitian telah teruji validitas dan reliabilitasnya yang sebelumnya telah diujicobakan kepada 32 peserta didik.Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)IQ berpengaruh positif sebesar 19,23% terhadap prestasi belajar matematika. 2) Keharmonisan keluarga berpengaruh positif sebesar 12,27% terhadap prestasi belajar matematika. 3) IQ dan keharmonisan keluarga secara simultan berpengaruh positif sebesar 30,9% terhadap prestasi belajar matematika.
01710500074 | SAP p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain