Skripsi
THE EFFECT OF USING HERRINGBONE TECHNIQUE ON STUDENTS’ READING ACHIEVEMENT AT EIGHTH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL (An Experimental Study on Students of SMPN 01 Bulakamba in Academic Year of 2013/1014)
Kata kunci: Teknik Herringbone, Prestasi Membaca Siswa
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak efek positif dalam penggunaan teknik Herringbon pada prestasi membaca siswa kelas delapan SMPN 01 Bulakamba pada tahun ajaran 2013/2014..
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas delapan di SMPN 1
Bulakamba. Total jumlah populasinya adalah 317 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik cluster random dalam pengambilan sampel penelitian. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yang mana satu kelompok terdisi dari 39 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelompok lainnya yang terdiri sari 40 siswa sebagai kelompok kontrol. Siswa di dalam kelompok eksperimen diajarkan dengan menggunakan teknik Herringbone, dan siswa dalam kelompok kontrol diajarkan dengan menggunakan Dirrect Instruction.
Instrumen yang dipakai dalam penelitian adalah tes. Jenis tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan 4 pilihan (A,B,C, dan D) dimana satu jawaban benar dan tiga jawaban salah. Jumlah butir soal adalah 25 butir yang berisikan materi membaca dengan alokasi waktu 40 menit. Peneliti menguji instrumen pada 39 siswa yang memiliki kemampuan hampir sama untuk menentukan validitas dan reliabilitas instrumen.
Analisis data diuji dengan menggunakan t-test. hasil dari perhitungan t-test
2,144 sedangkan t-tabel menunjukan nilai 1,665 dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) 77. Hal ini menunjukan bahwa t-test lebih besar dati t-tabel (2,144>1,665). Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan pada presasi membaca siswa yang diajar menggunakan teknik Herringbone dan siswa yang diajar menggunakan teknik Direct Instruction.
Berdasarkan hasil dari studi ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Herringbone memberikan efek positif terhadap prestasi membaca siswa setelah mereka diajar dengan menggunakan teknik Herringbone pada siswa kelas delapan SMPN 01 Bulakamba pada tahun ajaran 2013/2014. Untuk guru-guru Bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan Herringbone Technique dalam pengajaran materi membaca karena Herringbone Technique merupakan teknik pengajaran yang inovatif
dan baik untuk memudahkan siswa memahami suatu bacaan.
01610500180 | FAH t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain