Skripsi
INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII di SMP PGRI 3 TAMAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik.
Internalisasi merupakan penghayatan, yaitu suatu proses penguasaan secara mendalam berlangsung melalui penyuluhan, penataran, atau pengkondisian tertentu. Sedangkan Internalisasi Nilai-nilai Pancasila merupakan penghayatan nilai yang terkandung dalam Pancasila. Sehingga dapat terciptanya kepribadian pada peserta didik sesuai dengan nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. Untuk memudahkan dalam Internalisasi Nilai Pancasila maka perlu mengetahui tentang : 1. apakah yang menjadi penyebab kenakalan pada peserta didik kelas VIII ? 2. bagaimana cara menanggulangi kenakalan pada peserta didik kelas VIII ? 3. apakah manfaat dari penghayatan nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran PPKn ? 4. Bagaimana Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam menanggulangi kenakalan pada peserta didik kelas VIII ?
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berupa data deskriptif yaitu kata-kata atau tulisan. Latar penelitian yaitu SMP PGRI 3 Taman, dengan jumlah Peserta Didik 199 anak yang tersebar dalam 4 kelas dengan sampel yaitu 5 anak. Dalam penelitian ini, menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari tiga teknik tersebut digabungkan (Triangulasi pengumpulan data) untuk mendapatkan data yang konsisten. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan conclusion/verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1.Kenakalan yang dilakukan oleh peserta didik dipengaruhi oleh tiga factor yaitu faktor keluarga(broken home,dan jumlah keluarga),faktor lingkungan (pergaulan yang terlalu bebas), factor dari sekolah(kedisiplinan guru mengajar,terpengaruh teman). 2.Upaya yang digunakan dalam menanggulangi kenakalan yaitu menanamkan nilai-nilai Pancasila, memperbaiki sarana prasarana sekolah, memberikan perhatian pada peserta didik. 3.manfaat dari internalisasi nilai-nilai Pancasila yaitu dapat mengurangi kenakalan pada peserta didik. 4.setelah dilakukan internalisasi nilai-nilai Pancasila adanya perubahan perilaku kearah yang lebih baik dan peserta didik lebih tekun belajar.
Saran peneliti yaitu, 1.untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menanggulangi kenakalan pada peserta didik, perlu adanya kerjasama dari sekolah dalam mengelolah pendidikan. 2.pihak sekolah juga perlu mengadakan kerjasama dengan Orang Tua/Wali Murid untuk memantau bersama perkembangan peserta didik. 3.Guru hendaknya melakukan tugas sebagai pendidik yang tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja, tetapi juga memberikan pendidikan untuk membantu membentuk kepribadian pada peserta didik.
01210500071 | SAR i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain