Skripsi
HUBUNGAN ANTARA PROFESIONALISME GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI MTS ASWAJA BUMIJAWA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Hubungan, profesionalisme guru, minat belajar siswa, dan PPKn.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat profesionalisme guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, minat belajar siswa, dan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara profesionalisme guru dengan minat belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Madrasah Tsanawiyah Aswaja Bumijawa kelas VII tahun 2013/2014.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Aswaja Bumijawa sebanyak 160 siswa. Pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling diperoleh sampel sebanyak 40 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan profesionalisme guru PPKn tergolong dalam kategori baik, hal ini terbukti dari hasil analisis deskripsi variabel X diperoleh persepsi siswa secara berturut-turut: sangat baik sebanyak 32,5%, baik sebanyak 62,5% dan cukup baik sebanyak 5%. Sedangkan mean atau skor rata-rata sebesar 60,78 yang terletak pada interval 50-64 dalam kategori baik. Sedangkan minat belajar siswa tergolong dalam kategori baik, hal ini terbukti dari hasil analisis deskripsi variabel Y menurut persepsi siswa secara berturut-turut: sangat baik sebanyak 17,5%, baik sebanyak 70% dan cukup baik sebanyak 12,5%. Sedangkan mean atau skor rata-rata sebesar 58,78 yang terletak pada interval 50-64 dalam kategori baik. Ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme terhadap minat belajar siswa kelas VII di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Aswaja Bumijawa Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014, hal ini dibuktikan dari hasil analisis statistik korelasi product moment diperoleh rhitung sebesar 0,576 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 40 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,312, maka rxy > rtabel atau 0,576 > 0,312 yang berarti hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan pihak sekolah megevaluasi dan memperhatikan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar, karena hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara profesionalisme terhadap minat belajar siswa. Sehingga dengan adanya profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar akan meningkatkan minat belajar siswa sehingga prestasi belajar pada siswa juga dapat ditingkatkan.
01210500053 | KAF h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain