Skripsi
KORELASI PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUTANSI DI SMK N 1 DUKUHTURI
Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Hasil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui penerapan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran PPKn pada peserta didik Kelas X Akutansi. (2) Bagaimana hasil belajar PPKn peserta didik Kelas X Akutansi di SMK N 1 Dukuhturi berdasarkan Kurikulum 2013. (3) Adakah hubungannya antara penerapan Kurikulum 2013 dengan hasil belajar peserta didik Kelas X Akutansi di SMK N 1 Dukuhturi.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akutansi SMK N 1 Dukuhturi tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 122 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20% dari populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan uji korelasidiperoleh nilai rxy = 0,640 sedangkan nilai rtabel pada taraf 5 % , N = 24 diperoleh sebesar 0,404, maka dihasilkan rhitung> rtabel (0,640> 0,404). Hasil penelitian itu menunjukkan “ada hubungan antara penerapan kurikulum 2013 dengan hasil belajar siswa kelas X Akutansi di SMK N 1 Dukuhturi”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada hubungan yang kuat antara penerapan kurikulum 2013 dengan hasil belajar siswa kelas X Akutansi dengan tingkat hubungannya sebesar 0,64 dari interval interpretasi koefisien terhadap korelasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran PPKn berjalan dengan baik. (2) Hasil belajar PPKn siswa kelas X Akutansi di SMK N 1 Dukuhturi berdasarkan kurikulum 2013 berjalan dengan baik. (3) Ada hubungan antara penerapan kurikulum 2013 dengan hasil belajar siswa kelas X Akutansi di SMK N 1 Dukuhturi. Disarankan kepada : (1) sekolah untuk memperbanyak media elektronik dan fasilitas belajar demi kelancaran kegiatan belajar siswa di sekolah. (2) bagi guru agar lebih memaksimalkan atau memperbanyak pembelajaran dengan model/metode pembelajaran agar siswa tidak jenuh/membosankan saat kegiatan belajar berlangsung. (3) bagi siswa untuk lebih kreatif, dalam belajarnya karena yang dibutuhkan dari era sekarang adalah kreativitas serta ilmu pengetahuan yang luas.
01210500115 | MAK k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain