Skripsi
PERANAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DANKEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKANKARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF KELAS XIDI SMK PGRI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Peranan, Karakter, Pembelajaran.
Peranan Guru PPKn dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui pembelajaran aktif, peserta didik diharapkan dapat memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, pengintegrasian pendidikan karakter melalui pembelajaran aktif perlu dilakukan. Dengan demikian, peran guru menjadi sangat penting, khususnya guru PPKn. Guru PPKn memiliki peranan besar dalam membimbing, mengarahkan, serta membentuk moral, sikap, dan perilaku siswa menjadi berkarakter demi kemajuan bangsa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pelaksanaan Pengembangan karakter yang dilakukan guru PPKn pada perserta didik?,(2) Bagaimana pembelajaran aktif pada peserta didik?, (3) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru PPKn dalam mengembangkan karakter pada peserta didik? Dengan Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengembangan karakter yang dilakukan guru PPKn pada peserta didik. (2) Untuk mengetahui bagaiamana pembelajaran aktif pada peserta didik. (3) Untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru PPKn dalam mengembangkan karakter pada peserta didik?
Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling.Populasi 148 Peserta didik, dan mengambil responden 10 Peserta didik dan 2 Guru. TeknikPenelitian ini menggunkan teknik pengecekan kesasihan data dengan tringulasi, Member check, dan analisis kasus negatif.Dan teknikanalisis data, data reduction, data display, Conclusions Drawing.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Peranan Guru PPKn sangat besar dalam mengembangkan karakter peserta didik, dengan pembelajaran aktif dapat mengembangkan karakter peserta didik walaupun belum sepenuhnya peserta didik memenuhi indikator pembelajaran aktif. Serta dapat dilihat dari upaya-upaya guru PPKn dalam mengembangkan karakter peserta didik dengan menjadi suri tauladan yang baik bagi peserta didik.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah menanamkan pendidikan karakter pada anak sejak usia dini adalah salah satu usaha untuk mengembangkan karakter peserta didik dan di sekolah harus lebih menanamkan dan menekankan pendidikan PPKn.
12105001100 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain