Skripsi
HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA MASSA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Pemanfaatan Media Massa, Sumber Belajar, Prestasi Belajar.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan pemanfaatan media massa sebagai sumber belajar peserta didik terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemanfaatan Media Massa sebagai sumber belajar peserta didik, untuk mengetahui adanya hubungan antara pemanfaatan Media Massa terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 323 peserta didik. Sampel 20% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 46 peserta didik. Variabel penelitian adalah pemanfaatan Media Massa sebagai sumber belajar (Variabel Bebas) sebagai variabel penyebab, dan prestasi belajar (Variabel Terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment dan Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus alpha cronbarch. Hasil uji coba seluruh item valid dan reliabel.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,333 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 64 peserta didik diperoleh r tabel sebesar 0,254, maka dapat disimpulkan rxy > r tabel artinya ada Hubungan Pemanfaatan Media Massa Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
01210500069 | ASI h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain