Skripsi
HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA ELEKTRONIK GURU PKN DENGAN PRESTASI BELAJARSISWA KELAS X SMK NEGERI 1 RANDUDONGKAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Pemanfaatan Media Elektronik TV, Prestasi Belajar
Ilmu pengetahuan dan teknologi pada era sekarang berkembang sangat pesat. Kehadiran media elektronik khususnya TV dalam dunia pendidikan sangat dirasakan manfaatnya. Media TV sangat efektif dan untuk membantu peningkatan pengetahuan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya hubungan pemanfaatan media elektronik TV sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMK Negeri 1 RandudongkalTahun Pelajaran 2013/2014
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Randudongkal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 318 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 15% dari populasi yaitu 48 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji validitas kolerasi product moment dan reliabilitas Spearmen Brwonserta uji hipotesis kolerasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan media elektronik TV sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK N 1 Randudongkal Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini terbukti bahwa diperoleh rhitung = 0,505 dan dikonsultasikan pada harga rtabel dengan N = 48, taraf signifikan 95% nilainya = 0,284 atau rhitung (0,505)> rtabel (0,284).Dan tingkat hubungan korelasinya tergolong sedang karena hasil analisis korelasinya 0,505 yang terletak dalam interval 0,40-0,599 dengan tingkat hubungan sedang, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan sekolah untuk melengkapi sarana dan prasarana media pembelajaran yang belum tersedia agar siswa dapat menggunakan fasilitas yang telah tersedia sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan lancar dan siswa diharapkan lebih aktif dan kreatif belajar di sekolah, serta pandai memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis teknologi sebagai sumber belajarsehinggadapat meningkatkan kreatifitas, bakat dan prestasi belajar siswa.
01210500075 | MUS h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain