Skripsi
HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK BHAKTI PRAJA TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Kompetensi profesionalitas guru dan kualitas pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi profesionalitas guru dengan kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 360 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sebanyak 0,05%. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh sangat tinggi antara hubungan kompetensi profesionalitas guru dengan kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan tingkat pengaruhnya sebesar 38% sejumlah 19 peserta didik dengan kategori tinggi. Kemudian diketahui ada hubungan yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebesar 34% sejumlah 17 peserta didik dengan kategori tinggi.
Dengan demikian terdapat hubungan antara kompetensi profesionalitas guru dengan kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan nilai = 0,449, Hasil t hitung = 3,480 dengan t tabel = 1,675. Karena t hitung 3,480 > t tabel 1,675 maka hipotesis diterima ada hubunga kompetensi profesionalitas guru dengan kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan peserta didik di SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan prestasi kualitas belajarnya dan pihak guru di SMK Bhakti Praja Talang disarankan perlu memperhatikan respon peserta didik atas tuntutan kompetensi dan profesionalitas guru agar prestasi belajar peserta didik lebih baik lagi.
01210500012 | FEB h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain