Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NU LARANGAN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Model Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
Penelitian ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran Generatif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA NU Larangan Brebes pada tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Generatif dalam mata pelajaran Ekonomi di kelas X IPS SMA NU Larangan Brebes. (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA NU Larangan Brebes. (3) Menganalisis perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi, berdasarkan perbedaan antara model generatif dengan metode diskusi.
Model pembelajaran generatif adalah pembelajaran yang menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya. Pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakannya dalam menjawab persoalan atau gejala yang terkait. Hasil belajar adalah hasil yang dicapai setelah proses belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS I dan Kelas X IPS 2 tahun Pelajaran 2013/2014.Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen mendapat pembelajaran generatif sedangkan pada kelompok kedua sebagai kelompok kontrol mendapat pembelajaran diskusi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test sebagai metode utama untuk memperoleh hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis yang diajarkan menggunakan analisis data t-test.
Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan penerapan model generatif pada kelompok eksperimen lebih efektif dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi, hal ini dapat dilihat dari perolehan dengan taraf signifikan 5% dengan hasil thitung = 2,967 sedangkan ttabel2,032 sehingga Ha diterima dan Ho di tolak. Untuk itu disarankan penggunaan model pembelajaran generatif diharapkan dapat diterapkan disekolah sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar.
01310500072 | FAU e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain