Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Model Course Review Horay (CRH), Metode Ceramah, Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Tegal tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 95 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XI Akuntansi 1 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi 3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran course review horay (CRH) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk tes statistik yang membandingkan skor rata-rata prestasi belajar antara model course review horay (CRH) dengan metode ceramah.
Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t diketahui bahwa thitung = 5,356 dan ttabel sebesar = 2,000. Sehinggah hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima yang berarti “model pembelajaran course review horay (CRH) efektif terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014”.
01310500038 | ARU e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain