Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (PTK PADA SISWA KELAS VIII A MTs. MA’ARIF NU 06 BANDUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match, Hasil Belajar
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS Ekonomi pada pokok bahasan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS(Penelitian Tindakan Kelas pada kelas VIII A MTs. Ma’arif NU 06 Bandungsari Tahun Pelajaran 2012/2013).
Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Ma’arif NU 06 Bandungsari Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs. Ma’arif NU 06 Bandungsari dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data dan penyajian data.
Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian di Indonesia dengan model pembelajaran Make A Match, perolehan nilai rata-rata kelas sebelum menggunakan model pembelajaran Make A Match yaitu 62. Setelah menggunakan pembelajaran kooperatif model Make A Match rata-rata kelas pada siklus I mencapai 70,6 dan tuntas klasikal mencapai 70,96 % dan pada siklus II rata-rata kelas mencapai 87 dan tuntas klasikal mencapai 87,09 %.
01311510009 | HOP p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain