Skripsi
HUBUNGAN MINAT BERKOPERASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KOPERASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL TAHUN AKADEMIK 2013/2014
Kata Kunci : Minat Berkoperasi, Prestasi Belajar Mahasiswa.
Rumusan masalah penelitian ini apakah ada hubungannya minat berkoperasi dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Koperasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2013/2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungannya minat berkoperasi dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Koperasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2013/2014. Minat Berkoperasi adalah kecenderungan dalam diri individu untuk tertarik dan menyenangi pada koperasi. Prestasi belajar Mahasiswa yaitu hasil belajar mahasiswa mata kuliah Manajemen Koperasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal yang mengikuti mata kuliah manajemen koperasi tahun akademik 2013/2014 yang berjumlah 62 mahasiswa, sedangkan yang dijadikan sampel sejumlah 38 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian diuji dengan validitas dan reliabilitas alpha cronbach. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan pengujian signifikansi.
Minat berkoperasi dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Koperasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2013/2014 ternyata mempunyai hubungan positif sangat rendah. Secara kuantitatif diperoleh nilai rxy sebesar 0,0118, dimana apabila diinterpretasikan dengan nilai korelasi, nilai rxy = 0,0118 terletak antara ( 0.00 – 0.199 ) yang menunjukan adanya tingkat korelasi yang sangat rendah. maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Para dosen perlu senantiasa memberikan motivasi, agar mahasiswa merasa terpacu untuk mningkatkan sehingga kemampuan terhadap menerima mata kuliah yang diampunya, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
01309500616 | UMA h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain