Skripsi
PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 4 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Kondisi Ekonomi, Motivasi
Permasalahan kondisi ekonomi orang tua timbul karena tuntutan kebutuhan anak yang bersifat material, seperti untuk membayar administrasi sekolah, membeli buku pelajaran, membiayai les. Kurangnya perhatian orang tua dalam memberikan kebutuhan materi anak dapat mengakibatkan motivasi anak di sekolah maupun di rumah tidak berkembang.
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar pada siswa kelas 8 SMP N 4 Tegal tahun pelajaran 2013/2014. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui ada tidak nya pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi dalam belajar siswa kelas 8 SMP N 4 Tegal tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 SMP N 4 Tegal tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 163 siswa yang ada pada 5 kelas. Dari 163 siswa tersebut diambil sampel 40 sampel, dengan metode pengumpulan data menggunakan angket / kuesioner, teknik analisis data menggunakan regresi linier.
Dari hasil penelitian ini penulis mengambil kesimpulan adanya pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas 8 SMP N 4 Tegal tahun pelajaran 2013/2014. Diterima ini dibuktikan pada perhitungan regresi linier Y = 29,17 + 1,42 X dan dilanjutkan dengan perhitungan uji t untuk mengetahui besarnya pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas 8 SMP N 4 Tegal.
Saran yang dapat disampaikan adalah adalah diharapkan orang tua dapat memberikan segala kebutuhan sekolah anak-anaknya demi tercapainya motivasi belajar mereka.
01311500083 | BUD p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain