Skripsi
SISTEM KELISTRIKAN PADA TRAINER MESIN EFI (Electronic Fuel Injection) SUZUKI FUTURA 2010
Sistem kelistrikan mobil adalah bagian yang terpenting, karena dari sistem kelistrikan sumber gerak berasal. Oleh karena itu sesuai jurusan Teknik Mesin Diploma Tiga diharapkan mengetahui dan memahami cara kerja kelistrikan sistem starter, cara kerja kelistrikan sistem pengisian baterai, cara kerja kelistrikan sistem pengapian dan perawatan kelistrikan mesin sistem EFI (Electronic Fuel Injection) Suzuki Futura. Adapun untuk melakukan penelitian penulis melakukan dengan mengamati langsung dilapangan di PT Gedong Jembar Tegal (observasi), mencari buku-buku referensi tentang kelistrikan mesin (metode studi literatur), tanya jawab dengan mekanik mobil Suzuki (interview) dan bereksperimen dengan melakukan pemeriksaan pada bagian-bagian kelistrikan mesin dengan alat Avo Meter dengan tujuan mengerti dan memahami tentang kelistrikan mobil bensin yang menggunakan EFI (Electronic Fuel Injection). Bahwa kelistrikan mesin mobil terdiri dari sistem starter yang mendapat arus listrik dari baterai untuk menggerakkan gear pinion maju terhubung dengan flywhell mesin, sistem pengisian baterai dimana arus yang dihasilkan dari generator (alternator-IC Regulator) yang dihubungkan ke putaran mesin sebagai penggeraknya, sistem pengapian fungsinya untuk membakar campuran bahan bakar udara yang tercampur di dalam silinder yang kemudian diinjeksikan oleh busi sehingga torak bergerak naik turun, dan perawatan kelistrikan mesin EFI (Electronic Fuel Injection) Suzuki Futura meliputi service khusus dan service umum.
Kata kunci : Sistem Kelistrikan Mobil, Avo Meter, EFI (Electronic Fuel Injection).
06210300003 | YUS s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain