Skripsi
PENGARUH PROGRAM PATEN (PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN) TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pengaruh Program PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal?
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh program PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) Terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian asosiatif, dimana peneliti bermaksud mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih yaitu untuk mengetahui hubungan program PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.
Analisis data yang dipergunakan peneliti dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat kuantitatif, yaitu analisis data yang menggunakan rumus-rumus dan data statistik untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan 2 (dua) variabel yaitu variabel (x) program PATEN dan variabel (y) tingkat kepuasan masyarakat. Populasi dari penelitian adalah masyarakat kecamatan adiwerna, yang sampelnya diambil 3 (tiga) desa yang ada di kecamatan adiwerna dari 20 desa diambil secara acak dengan teknik clutser sampling (area sampling) dan 60 kepala keluarga yang masing-masing desa diambil 20 kepala keluarga secara undian dengan teknik simple random sampling.
Hasil penelitian dan setelah dilakukan perhitungan dari variabel (x) mempunyai nilai sebesar 66,58% dikategorikan baik, sedangkan variabel (y) mempunyai nilai sebanyak 71,06% dikategorikan baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel sesuai dengan perhitungan Uji Korelasi Product Moment dengan nilai 0,384 dan memiliki hubungan signifikan. Dan uji signifikan dengan perhitungan uji t (3.167>2,021) dengan taraf kesalahn 5%. Adapun besarnya prosentase keeratan hubungan kedua variabel sebesar 14,7% sesuai perhitungan nilai determinasi.
Adapun selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain sebesar 85,3% meliputi kesadaran masyarakat, tingkat pendidikan, lingkungan dan sosial budaya, sarana dan prasaran penunjang dalam pelayanan
Kata kunci : Pelayanan, Administrasi, kepuasan masyarakat
02110500043 | SET p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain