Skripsi
HUBUNGAN ANTARA NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Kelas X Semester I SMA Negeri Se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata kunci : Nilai Ujian Nasional Matematika, Minat Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Nilai ujian nasional matematika adalah nilai yang digunakan sebagai syarat peserta didik untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, setelah peserta didik masuk ke jenjang pendidikan yang diinginkan tentunya setiap peserta didik tentu mempunyai minat yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara nilai ujian nasional matematika dengan prestasi belajar matematika, (2) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika, (3) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara nilai ujian nasional matematika dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri Se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 995 siswa yang terdiri dari3 sekolahan dengan 27 kelas pada setiap sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Proporsional. Dengan mengambil 153responden. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan angket. Untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data terlebih dahulu digunakan uji Lilliefors dan uji Bartlett. Teknik analisis data menggunakan uji Korelasi Product Momen yang dilanjutkan dengan uji hipotesis t dan untuk analisis data akhir menggunakan uji korelasi ganda yang dilanjutkan dengan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)tidak ada hubungan yang signifikan antara nilai ujian nasional matematika dengan prestasi belajar matematika (2)ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika (3)ada hubungan yang signifikan antara nilai ujian nasional matematika dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika. Minat belajar sangat berhubungan dengan prestasi belajar matematika.
01710500090 | MEN h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain