Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Materi Pokok Garis dan Sudut)
Kata Kunci : keefektifan, model pembelajaran Missouri Mathematics Project, kemampuan pemecahan masalah matematika, prestasi belajar matematika
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan model MMP dengan model konvensional, 2) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi lebih baik dengan model MMP, dan 3) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematika rendah lebih baik dengan model konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas dengan total peserta didik 190. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D dan VII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes yang berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan prestasi belajar matematika. Tes sebelumnya diujicobakan terlebih dahulu kepada 30 peserta didik untuk mengukur validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dan dilanjutkan dengan uji Benferoni. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan model MMP dengan model konvensional, 2) prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi lebih baik dengan model MMP, dan 3) prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematika rendah lebih baik dengan model konvensional.
01710500153 | MEL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain