Skripsi
KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DITINJAU DARI KEAKTIFAN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 10 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar)
Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika kelas VIII SMP N 10 Kota Tegal yaitu metode konvensional. Dengan metode konvensional sebagian peserta didik tidak terlihat aktif dalam kegiatan belajar mengajar, mereka hanya menerima materi yang diajarakan oleh guru. Hal tersebut juga mengakibatkan prestasi belajar peserta didik kurang optimal dilihat dari nilai UAS semester ganjil tahun 2013/2014 hanya 46 % peserta didik yang mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar matematika peserta didik 1) apakah terdapat perbedaan yang menggunakan strategi TTW dengan pendekatan scientific, pendekatan scientific, dan strategi konvensional. 2) manakah yang lebih baik yang menggunakan strategi TTW dengan pendekatan scientific, pendekatan scientific, dan strategi konvensional. 3) apakah yang mempunyai keaktifan tinggi yang menggunakan strategi TTW dengan pendekatan scientificdan pendekatan scientific lebih baik dibandingkan dengan strategi konvensional. 4) apakah yang mempunyai keaktifan rendah yang menggunakan strategi TTW dengan pendekatan scientificdan pendekatan scientific lebih baik dibandingkan dengan strategi konvensional.
Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B, VIII C, VIII D, dan VIII E SMP N 10 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 120 peserta didik. Insrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar matematika yang berbentuk pilihan ganda dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah RAK dan dilanjutkan dengan uji Benferoni, sebelumnya dilakukan analisis uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian diperoleh 1) terdapat perbedan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan strategi TTW dengan pendekatan scientific, pendekatan scientificdan strategi konvensional. 2) prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan strategi TTW dengan pendekatan scientific dan pembelajaran pendekatan scientific lebih baik dari strategi konvensional. 3) prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan tinggi yang menggunakan strategi TTW dengan pendekatan scientific dan pendekatan scientific lebih baik dibandingkan dengan strategi konvensional. 4) prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan rendah yang menggunakan strategi TTW dengan pendekatan scientific dan pendekatan scientific lebih baik dibandingkan dengan strategi konvensional.
01710500039 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain