Skripsi
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN PESERTA DIDIK ( Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci: model pembelajaran TGT, keaktifan, prestasi belajar matematika
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran ekspositori, (2) ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran ekspositoripada peserta didik yang memiliki keaktifan tinggi; 3) ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran ekpositori pada peserta didik yang memiliki keaktifan rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 319 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VII Bsebagai kelas uji coba, kelas VII C dan VII I sebagai kelas kontrol, serta kelas VII dan VII H sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalur dilanjutkan dengan uji Benferoni untuk mengetahui tingkat pengaruh perlakuan.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: 1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran ekspositori2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar denganmodel pembelajaran TGT dan model pembelajaran ekspositoriditinjau dari keaktifan tinggi, (3) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta yang diajar denganmodel pembelajaran TGT dan model pembelajaran ekspositoriditinjau dari keaktifan rendah.
01710500056 | HAR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain