Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DITINJAU DARI MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 Materi Pokok Kubus dan Balok)
Penelitian pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2013/2014 materi pokok kubus dan balok. Tujuan Penelitian : (1) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori yang ditinjau dari minat belajar tinggi, (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori yang ditinjau dari minat belajar rendah, (3) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Snowball Throwing lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori.
Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2013/2014 yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling. Kelas sampel yang diambil adalah kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas eksperimen, kelas VIII D dan VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan nama peserta didik dan nilai awal matematika kelas VIII semester ganjil menggunakan dokumentasi dan teknik pengumpulan data minat belajar dan prestasi belajar matematika menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Liliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data. Analisis uji hipotesis menggunakan Kruskal Wallis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Prestasi belajar matematika peserta didik SMP Negeri 4 Tegal semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori yang ditinjau dari minat belajar tinggi, (2) Prestasi belajar matematika peserta didik SMP Negeri 4 Tegal semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori yang ditinjau dari minat belajar rendah, (3) Model pembelajaran Snowball Throwing lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori.
017105000612 | ARJ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain