Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS PADA SISWA KELAS X SMK N 1 DUKUHTURI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Efektivitas, Model Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan Hasil Belajar dalam mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis pada siswa kelas X SMK N 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan dataya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Dukuhturi tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 320 siswa yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. sampel dalam penenelitian ini sebanyak 64 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X AP2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK4 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan, dokumentasi dan tes. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk tes statistik yang membandingkan skor rata-rata kemampuan kognitif antara model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan metode konvensional.
Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t diketahui bahwa = 4,239 dan 2,000. Sehingga hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis penelitian ( ) diterima yang berarti “Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) efektif digunakan untuk meningkatkan Hasil Belajar dalam mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis pada siswa kelas X SMK N 1 Dukuhturi tahun pelajaran 2013/2014”.
01310500030 | FAR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain