Skripsi
PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MASYARAKAT DI KELURAHAN KALIGANGSA KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL
Kata Kunci: Sosial Ekonomi, Perilaku Konsumen
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh latar belakang sosial ekonomi terhadap perilaku konsumen masyarakat Kelurahan Kaligangsa Kecamatan Margadana Kota Tegal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latar belakang sosial ekonomi terhadap perilaku konsumen masyarakat Kelurahan Kaligangsa Kecamatan Margadana Kota Tegal. Variabel bebasnya adalah latar belakang sosial ekonomi (X), sedangkan variabel terikatnya adalah perilaku konsumen (Y).
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif, populasinya adalah seluruh masyarakat kelurahan Kaligangsa kecamatan Margadana kota Tegal, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokementasi dan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis dengan meggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Ada pengaruh antara latar belakang sosial ekonomi terhadap perilaku konsumen masyarakat Kelurahan Kaligangsa Kecamatan Margadana Kota Tegal. Ini membuktikan pada hasil perhitungan regresi linier Y=26,959+0,233X, dan pengujian dengan uji t untuk mengetahui besarnya pengaruh latar belakang sosial ekonomi terhadap perilaku konsumen. Setelah dianalisis dengan uji t didapat nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf nyata 5% atau (thitung 2,85 > ttabel 1,974). Dari hasil tersebut berarti semakin meningkatnya latar belakang sosial ekonomi masyarakat, maka terjadi peningkatan perilaku konsumen sebesar 0,233.
01310500053 | RIZ p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain